Wednesday 7 October 2015

Music Director (Radio)

Hallo semua, udah lama nih ga posting haha.
Kali ini, gue mau ngebahas tentang profesi Music Director (MD). Apa sih Music Director itu?

Lo pasti pernah atau bahkan sering ngedengerin radio. Dari radio, lo bisa ngedapetin berbagai macam info, dengerin lagu-lagu terupdate atau lagu-lagu jaman dulu, atau mungkin lo pernah curhat-curhat lucu ke si penyiar dan curhatan lo disiarkan langsung di radio? Apa sih yang terlintas dibayangan lo tentang siapa aja sih yang kerja di dunia radio itu? Pasti yang terlintas dibayangan lo itu kurang lebih nya cuma penyiar aja kan? Nah, disini gue masu ngasih tau ke lo kalo sebenernya yang ikut serta di dunia radio itu bukan cuma penyiar (Announcer) nya aja loh! Banyak pihak-pihak yang terlibat contoh nya yang mau gue bahas kali ini nih,  Music Director.

Jadi, Music Director itu adalah orang yang mengatur lagu-lagu (Playlist) yang akan atau sedang di siarkan di radio. Bahasanya yang lebih gampang tuh yang ngurusin lagu buat siaran itu yaa Music Director. Tugas Music Director itu diantaranya adalah membuat playlist harian, mingguan, maupun bulanan, megatur beat tiap-tiap lagu dalam playlist.  Tapi, tugas Music Director ngga cuma bikin playlist aja, Music Director harus bikin tangga lagu (chart music) mingguan atau bulanan, yang ngurusin database lagu-lagu mulai dari genre, artis, judul, tahun, pokonya hal-hal yang berkaitan sama musik deh.

Selain tugas-tugas yang udah gue sebutin diatas, masih ada lagi nih tugas Music Director yaitu.... *badadumbass* menjalin hubungan antara pihak radio sama label musik. Dari label musik, radio bisa ngedapetin lagu-lagu ORIGINAL coy dari label tersebut. Biasanya pihak label tuh ngasih sampel CD lagu, nah tugas Music Director adalah ngedengerin dan mempertimbangkan apa lagu ini tuh layak atau bisa disiarkan di radio atau ngga.

Dari pengalaman yang gue dapetin ketika gue join UKM Radio Kampus adalah, yang namanya Music Director itu gaboleh idealis. Seorang Music Director harus mengutamakan keinginan dan kemauan pendengar. Contoh nya gini, gue suka lagu-lagu EDM nah pas siaran gue puterin terus deh itu genre lagu karena gue demen sama genre nya, alhasil si pendengar pun lama-lama bosen dan merasa "kok ini radio cuma muterin 1 genre lagu aja sih? ngebosenin" maka dari itu, kalo mau bikin playlist si Music Director nya yang harus ngikutin permintaan pasar lah yaa, tapi jangan sedih Music Director boleh aja kok muterin lagu dengan artis/ genre yang dia suka, asalkan ngga mendominasi. Bisa di bilang di selip-selipin mah gapapa asal ga keseringan. Tapi, lo harus inget ga genre lagu itu bisa lo siarin di radio. Contohnya lagu-lagu metal, heavy metal, scream, etc. Inget, Music Director itu harus mengutamakan kenyamanan si pendengar, dan genre-genre yang gue sebutin tadi itu bukannya ga bagus, tapi ga semua telinga bisa nerima atau bisa dibilang pendengar nya itu minoritas.

Seorang Music Director harus kondisi psikologi si pendengar. Maksudnya begini, Music Director harus bisa ngebedain mana lagu yang cocok diputerin pas pagi hari, siang hari, sore hari, dan malem hari. Kalo misalnya pas pagi-pagi lo muterin lagu yang upbeat nah itu asik banget, saolnya itu bisa ngebangkitin semangat si pendengar itu sendiri, tapi kalo misalnya lo muterin lagu yang upbeat pas tengah hari siang bolong, gue saranin sih jangan lah ya. Lo cobain deh dengerin lagu upbeat pas siang-siang terik gitu, giamana rasanya? Udah panas, pusing, berisik, jadi gue saranin nih kalo mau muterin lagu buat siang hari, pilih yang beat nya lebih slow tapi, bukan berarti selama siang hari itu lagu nya slow semua, karena kalo lo muterin lgu dengan genre yang sama secara terus-menerus, si pendengar nya juga lama-kelamaan ngerasa bosen. Nah, disini sense of music nya Music Director itu harus bagus, tau kapan lagu harus naik-turun, pokonya flow nya itu naik turun, ngga datar atau rata gitu-gitu aja.

Dan yang pasti nya nih ya, seorang Music Director itu harus punya wawasan yang luas tentang musik. Mulai dari genre, artis (penyanyi), tahun lagu itu keluar, dari wawasan yang dipunya itu Music Director bisa nyusun lagu dengan lebih baik lagi. Karena, radio itu ga harus muterin lagu-lagu terupdate aja. Music Director harus bisa bikin playlist yang isinya mencakup lagu-lagu update, hits, lawas dan lain-lain, jadi si pendengar nya ga bosen dan penasaran gitu deh jadinya.

Kurang lebih, itu dulu sih yang gue tau tentang Music Director yaa kurang lebih nya mohon maaf deh ya, pengalamannya juga belom banyak nih. Hahaha
Sekian dulu postingan gue kali ini, semoga bermanfaat ya bos! See ya!

No comments:

Post a Comment